Tuesday, January 7, 2014

Cara Menggunakan Hp Android Bagi Pemula

Blog Hp Terbaru kali ini ingin mengutip sepenggal kisah tentang teman yang baru saja membeli Hp Android, dengan brand yang cukup ternama yaitu Samsung Galaxy Core Duos, dengan harga terbaru Januari 2014 ini adalah Rp. 2.550.000,- di salah satu mall Surabaya Selatan yaitu di Plaza Marina. Maksudnya sih baik karena ingin mengikuti perkembangan zaman dan ingin tampil gaya dengan gadget baru untuk dibawa pulang ke kampung halamannya di sebuah kampung kabupaten Ngawi. Namun karena belum pernah pakai Hp Android, sehingga bingung juga cara menggunakan hp tersebut untuk pertama kalinya.


Jika ditanya apa itu Android aja udah pasti nggak tau, perangkat lunak atau sistem operasi itu apa juga nggak ngerti, trus saya tanya juga udah punya akun Google apa belum? eh ternyata juga nggak ngerti, padahal dulu pernah saya buatkan akun google waktu buat email untuk Facebook-nya. Namun karena menganggap nggak penting yaa akhirnya dilupakan. 

Samsung Galaxy Core Duos (dual simcard)
Di utak-atik semalaman sampai nggak bisa tidur, katanya : Samsung Galaxy Core Duos itu hp canggih tapi mengapa buat buka FB aja nggak bisa, buka google juga nggak bisa, padahal Wifi sudah di konekkan. Kesimpulan dia "Ternyata Hp Android luar biasa (susah) nggak seperti Hp Nokia Asha 300 yang pernah dipakainya untuk FB-an". Serahkan pada ahlinya, dan inilah Cara Menggunakan Hp Android Bagi Pemula :
  1. Pertama, Pastikan anda memiliki akun Google, lebih mudahnya buat aja email terlebih dahulu di www.mail.google.com  lewat komputer atau laptop baru kemudian digunakan/disinkronkan di Hp Android. Email yang anda buat harus selalu di ingat beserta passwordnya, bila perlu catat dua hal penting ini.
  2. Pasang Simcard yang memiliki paket data internet dan pulsa, karena untuk meng autentifikasi Hp Android dengan akun google dibutuhkan koneksi internet. Aktifkan Data Ponsel dan Paket Data nya kemudian di coba bukan halaman internet, misalnya bukalah www.google.com di browser, jika berhasil berarti koneksi internet telah terjalin.
  3. Langkah selanjutnya adalah meng autentifikasi atau mendaftarkan Hp Android anda dengan akun google dengan cara buka Menu, Pengaturan, Tambah Akun Google, Google, Lanjut. Kemudian masukkan akun google atau email yang telah anda catat tadi, masukkan password-nya kemudian klik Sign in.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses Sinkronisasi selesai, jika koneksi cepat dan bandwidth lagi longgar maka proses loading bisa berjalan lebih cepat sekitar 5 atau 10 menit selesai.
  5. Untuk mengecek apakah proses sinkronisasi sudah selesai atau belum, bukalah Play store, Google Play, Gmail atau youtube. 
  6. Dengan Hp Android yang sudah di sinkonkan dengan akun google maka anda memiliki banyak fasilitas gratis dari google diantaranya adalah : Email Gratis, unduh aplikasi di Play Store gratis, Unduh Game, upload video di youtube.
  7. Selesai, Selanjutnya silahkan anda mengutak atik Hp Android kesayangan anda, karena saat ini hp android telah terkoneksi dengan akun google, berbagai aktivitas online dapat anda kerjakan di smartphone ini, mau buka Facebook, Twitter, WhatsApp, Line bisa anda lakukan, bila belum terpasang di Hp tersebut anda bisa memasangnya sendiri di Play Store.
Itulah cara menggunakan Hp Android Bagi Pemula yang dapat kami sampaikan, semoga sharing kisah pemilik hp yang tidak paham teknologi namun mau belajar ini bisa menjadi inspirasi untuk sahabat Blog Hp Terbaru sekalian.
 
Sebelum ini kami juga berbagi tips terkait penggunaan Hp Android :


No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Terkait Artikel ini...