Monday, November 10, 2014

Cara Mengatasi Hp Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Hp Android Yang Lemot by Admin Hp Terbaru | Hp Android yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi sosial media seperti BBM, Twitter, Facebook, Line, Instagram dan berbagai jenis Game sangatlah beragam, mulai dari yang harga gopekan sampai jutaan. Sayangnya hp android murah tersebut hanya nyaman digunakan ketika masih baru 1-3 minggu saja. Sebenarnya apa yang terjadi pada setingan hp tersebut? apakah ada yang salah ataukah ada yang rusak? 


Pengalaman pribadi, bahwa saya pernah menggunakan Hp Android Samsung Star, Evercoss A7, Mito A200, Advance, B Tab 9 dan Samsung Galaxy Core Duos. Dengan hp tersebut ternyata cukup nyaman di awalnya namun lama-kelamaan jadi lemot, loading internet lambat, responsivitas layar menurun, membuka game pun jadi sangat lama.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? kali ini saya ingin mencoba berbagi berdasarkan pengalaman pribadi saja, agar lebih mudah untuk dipahami dan tidak disalah artikan :

Memori hp android yang murah biasanya tidak begitu besar, padahal untuk membuka dan memasang aplikasi dan game yang beragam dibutuhkan memori internal, RAM yang cukup lega. paling tidak harus tersedia space kosong pada RAM 250MB bagi setiap aplikasi game besar bahkan ada yang lebih dari itu kebutuhannya.

Meskipun anda telah menambah atau membesarkan memori eksternal hingga 8 GB atau 16 GB pada kenyataannya tidak mampu menampung semua aplikasi di jagad ini. Selain itu semakin banyak aplikasi  yang anda pasang maka ruang di memori internal dan RAM secara perlahan juga semakin menyempit. Karena semua aplikasi itu akan terbaca oleh sistem android dan disimpannya dalam memori RAM selama hp tersebut dalam posisi menyala. 

Karena memori RAM dan ROM yang menyempit itulah sehingga sistem kerja prosesor semakin berat, makanya HP Android jadi lemot. 

Jika anda ingin membeli hp android yang baru maka pertimbangkanlah untuk membeli hp android yang memiliki memori internal (ROM), memori RAM yang cukup besar, paling tidak diatas 1 GB, karena belakangan ini sudah banyak beredar hp dengan RAM diatas 2GB.

Jika anda ingin hp android lama anda bekerja optimal kembali maka pertimbangkanlah menggunakan tips berikut :
  • Pasang aplikasi seperlunya (yang tidak penting dan jarang dipakai dihapus saja).
  • Hapus cache memori
  • Hapus game yang sudah expired
  • Kembalikan setingan pada setingan pabrik.
  • Matikan hp ketika anda akan tidur.
  • Matikan sinkronisasi ketika anda berada pada jaringan yang lemah
Semoga tips ini bermanfaat bagi rekan-rekan. Meskipun dalam promosi hp android lokal bisa digunakan untuk memainkan game HD, namun pada kenyataannya perangkat Hardware yang terpasang tidak mendukung kerja HD, hal itulah yang menyebabkan hp android jadi lemot. Jika anda adalah penghobi main game maka perangkat yang layak untuk main game menurut saya adalah Play Station4, PSP, dll. Sedangkan hp android cukup nyaman bila hanya digunakan untuk bersosmed, membaca artikel, update blog, googling.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Terkait Artikel ini...