Thursday, April 11, 2013

Cara Terbaik Atasi Hp Kena Air

Musibah bisa datang kapan saja tanpa kita duga sebelumnya dan tentunya tidak dikehendaki oleh siapa pun, namun kecerobohan bisa menimbulkan musibah seperti Hp yang masuk ke bak mandi, masuk mangkuk es campur, terkena percikan kopi atau ditengah perjalanan tiba tiba saja hujan deras datang yang berakibat banjir,  sementara posisi  Gadget anda yang terdiri dari Hp, Tablet, Smartphone atau iPhone anda di dalam kantong atau tas yang tembus air, maka malang pun tak dapat di tolak yang akhirnya hp anda pun basah terkena guyuran air hujan. "jangan panic", setelah berada ditempat yang aman maka segeralah lakukan tips berikut ini.



Cara Mengatasi Handphone Terkena Air

  • Sesegera mungkin segera jauhkan dari daerah basah dan genangan air.
  • Lepas battery untuk menghindari konsleting karena adanya aliran arus listrik dari battery, ini point paling penting hingga anda bisa melakukan tindakan lanjutan. tindakan lebih lanjut ada pada point dibawah ini.
  • Buka seluruh cover handphone baik depan maupun bagian belakangnya.
  • Bila saat itu ada alat pengering, anda bisa mencoba mengeringkannya saat itu juga, namun jangan terlalu dekat dan jangan terlalu panas, karena efek panas dari pengering bisa merusak komponen hp.
  • Untuk mengeringkan hp terkena air anda bisa menjemur secara alami dengan bantuan sinar matahari, bila tidak ada alat pengering dan cuaca juga tidak mendukung, anda bisa mengeluarkan air di dalam perangkat hp dengan cara memasukkan hp ke dalam timbunan beras.
  • Jangan mencoba untuk menyalakan hp hingga hp benar benar kering secara keseluruhan.
  • Lebih bijak anda bersabar untuk tidak menyalakan atau memasang battery hingga beberapa hari proses pengeringan, menurut pengalaman dalam waktu 2-3 hari komponen telah benar benar kering. dan anda bisa mencoba menyalakannya.
  • Bila hp telah dapat dinyalakan (turn on), periksa seluruh fungsi handphone apakah ada yang rusak atau tidak, bila ada fitur yang tidak berfungsi lebih baik anda segera memeriksakan hp anda pada ahlinya yaitu teknisi.
  • Jangan biarkan hp anda dalam kondisi tidak normal tetap dinyalakan dalam waktu lama, karena aliran arus listrik dapat merusak komponen lebih luas bila dalam kondisi konslet, Sebaiknya segera bawa hp ke teknisi untuk mengecek bagian mana yang harus diganti atau dibersihkan.

Itulah Cara Terbaik Atasi Hp Kena Air berdasarkan pengalaman admin dan referensi dari teknisi hp yang pernah admin kenal, Semoga bermanfaat dan silahkan di share ke teman teman bila memang  ini berguna untuk penyebar luasan informasi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Terkait Artikel ini...